Cuci Tangan Baik bersama KKN 10 Universitas Trunojoyo Madura


Mencuci tangan dengan sabun  adalah salah satu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari jemari menggunakan air dan sabun oleh manusia untuk menjadi bersih dan memutuskan mata rantai kuman. Mencuci tangan dengan sabun dikenal juga sebagai salah satu upaya pencegahan penyakit. Hal ini dilakukan karena tangan seringkali menjadi media pembawa kuman penyakit, baik dengan kontak langsung ataupun kontak tidak langsung (menggunakan permukaan-permukaan lain seperti handuk, gelas).
Anak sekolah dasar merupakan kelompok usia yang rawan akan penularan penyakit. Kebiasaan anak-anak usia sekolah dasar yang kurang menjaga kebersihan dan sering kali makan jajanan di pinggir jalan tanpa mencuci tangan terlebih dahulu membuat mereka sangat mudah sakit, baik sakit yang ringan maupun yang kronis. Hal ini jika terus dibiarkan tanpa adanya perbaikan maka akan menjadi kebiasaan anak. Inilah yang menjadi dasar keprihatinan Saudari Musrifah Sebagai PJ Kegiatan untuk melakukan penyuluhan sekaligus gerakan Cuci Tangan Baik terhadap siswa-siswi di SDN Banjar Talela 2 Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang.
Acara dimulai dengan memberikan materi terhadap siswa-siswi Sd akan pentingnya cuci tangan. Setelah itu dilanjutkan dengan mempraktekkan cuci tangan dengan baik dan benar di halaman sekolah secara bergantian setiap kelasnya.
Salah satu guru mengatakan," Penyuluhan dan gerakan Cuci Tangan Baik memang sangat diperlukan oleh para siswa agar menjadi sebuah kebiasaan sejak dini. Hal ini agar mereka terbiasa hidup bersih dan bisa terhindar dari penyakit yang memang sangat mudah menyerang khususnya diusia mereka yang sangat belia".

0 komentar:

Posting Komentar